6 Seri Buku Rekomendasi untuk Aktivitas Anak, Belajar Sembari Bermain di Rumah

belajar bermain di rumah
Foto: unsplash.com

Menonton televisi dan memainkan gadget, bisa menjadi dua kebiasaan buruk bagi anak jika dilakukan terus menerus. Gadget melekat di tangan dan mata menempel di layar televisi, wah bunda kalau melihat pemandangan rutin seperti ini, artinya anak-anak butuh perhatian. Ubah kebiasaan ini dengan mengenalkan bacaan dan literasi. Alihkan dengan aktivitas yang menarik dan menggerakkan motorik mereka. Banyak lho aktivitas yang bisa mengarahkan anak-anak bermain sembari belajar.

Berikut ini ada lima buku rujukan penerbit yang bisa dijadikan pilihan dan inspirasi agar anak-anak tidak terpaku pada gadget maupun televisi. Buku-buku seri berikuti ini bisa menjadi panduan dan bekal bunda dan guru paud/TK dalam mengedukasi anak dengan cara menyenangkan.

Seri Smart Big Book 365 Aktivitas

Seri Smart Big Book 365 Akivitas dirancang khusus untuk anak usia 4—7 tahun, terdiri dari Smart Big Book 365 Aktivitas Anak Cerdas dan Pintar, serta Smart Big Book 365 Aktivitas PAUD dan TK. Tujuannya untuk merangsang motorik, karakter, dan keingintahuannya. Setiap buku seri Smart Big Book 365 Aktivitas berisi 365 soal yang lengkap dengan materi dasar, seperti membaca, menulis, dan berhitung. Seluruh aktivitas yang ada di setiap buku, dibalut dengan beragam permainan seperti maze game, teka-teki, mencocokkan gambar, mencari perbedaan, mewarnai, menggambar, dan gunting tempel. Tujuannya, agar anak tidak mudah bosan selama proses pembelajaran. Poin plusnya, dua seri terbarunya sudah mencangkup enam literasi dasar yang direkomendasikan oleh Gerakan Literasi Nasional, yaitu Literasi Baca Tulis, Numerisasi, Sains, Digital, Finansial, serta Budaya dan Kewargaan.

seri buku 365 aktivitas anak

 

Seri Fun Coloring

Mewarnai gambar merupakan aktivitas yang menarik bagi anak-anak. Selain menyenangkan, kegiatan mewarnai juga banyak manfaatnya, seperti mengenalkan berbagai macam warna, melatih motorik halus pada anak, serta melatih daya imajinasi, dan kreativitas pada anak. Seri Fun Coloring dari Cikal Aksara hadir dengan enam tema, terdiri dari Mewarnai Kota, Mewarnai Pasar, Mewarnai Pantai, Mewarnai Robot, Mewarnai Hewan, dan Mewarnai Baby Doll. Setiap serinya dilengkapi dengan aktivitas-aktivitas seru seperti mencocokkan gambar, menulis, berhitung, menemukan perbedaan, maze game, dan berbagai aktivitas menarik lainnya. Setiap bukunya terdapat bonus board game yang juga bisa dimainkan bersama teman-teman, atau saudara.

 

Seri Asyik Menempel Stiker

Seri Asyik Menempel Stiker dari Cikal Aksara terdiri dari empat tema, yaitu Asyik Menempel Hewan Peliharaan, Asyik Menempel Hewan Liar, Asyik Menempel Alat Transportasi, dan Asyik Menempel Benda Sekitar Kita. Seri buku ini menggabungkan tiga kegiatan sekaligus yang terdiri dari menggunting, menempel, dan mewarnai. Kegiatan menggunting dan menempel stiker memiliki berbagai manfaat untuk anak, seperti melatih kemampuan motorik, koordinasi tangan dan mata, serta konsentrasi bagi anak. Sedangkan mewarnai adalah salah satu aktivitas untuk melatih kemampuan motorik, konsentrasi, dan melatih membedakan warna. Dalam seri Asyik Menempel Stiker memiliki ilustrasi yang menarik, lucu, dan penuh warna akan membuat anak merasa senang melakukan berbagai aktivitas pada buku ini.

 

Seri Menggambar dengan Oil Pastel

Terdapat empat tema seri menggambar yang diterbitkan oleh Cikal Aksara, yaitu Menggambar Buah-buahan dengan Oil Pastel, Menggambar Bunga dengan Oil Pastel, Menggambar Orang dan Aktivitasnya dengan Oil Pastel, dan Menggambar dari Lingkaran itu Gampang. Dalam setiap bukunya, terdapat langkah demi langkah cara menggambar dari goresan sederhana hingga menjadi bentuk utuh. Lengkap dengan step by step cara mewarnai menggunakan oil pastel. Plus, teknik menggoreskan warna, mencampur gradasi warna, dan membuat tekstur dengan goresan. Semua tahapan menggambar dan mewarnai pada buku ini sangat jelas dan mudah untuk diikuti oleh anak.

 

Seri PAUD/TK Membaca, Menulis, dan Berhitung

Seri buku PAUD/TK ini baru saja dirilis oleh penerbit buku Anakkita. Seri buku yang ditujukan untuk bunda yang memiliki anak-anak pada usia 3 tahun. Di usia ini, anak memiliki perkembangan kognitif yang cukup istimewa dan penting. Anak-anak di usia ini memiliki daya imajinasi dan pikir yang perlu distimulus oleh sesuatu yang digemarinya. Mengenalkan kegiatan membaca, menulis, dan berhitung angka adalah tiga hal stimulusnya.

Seri buku PAUD/TK ini terdiri dari tiga judul, pertama Ayo Membaca, kedua Ayo Menulis, dan ketiga Ayo Berhitung. Dalam buku Ayo, Membaca untuk Anak Usia 3 Tahun mengenalkan anak pada dasar-dasar membaca melalui pengenalan huruf kecil, pengenalan gambar dan kosakata, dan pengenalan kalimat sederhana. Beberapa kegiatan pengenalan membaca pada buku ini disajikan dengan rangkaian stimulus seperti, mewarnai, menggunting, dan menempel, agar motorik halus anak juga berkembang dan aktivitas pun jadi lebih menyenangkan.

Ayo, Menulis untuk Anak Usia 3 Tahun ini, selain mengenalkan huruf a-z juga memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan kemampuan menulisnya. Dalam buku terdapat aktivitas pengenalan cara menebalkan menulis huruf agar motorik halus anak terlatih dan berkembang. Beberapa aktivitas seperti, mengenalkan gambar dan kosakata melalui permainan juga disajikan agar kegiatan menulis jadi lebih seru

Sementara di buku Ayo, Berhitung untuk Anak Usia 3 Tahun ini, anak dikenalkan dengan dasar-dasar berhitung melalui berbagai aktivitas seperti, mengenalkan beberapa angka dan konsep penghitungan sederhana, mengenalkan warna, bentuk, dan pola.

Ketiga buku di atas dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik menjadikan kegiatan berhitung, membaca, dan menulis agar menjadi menyenangkan. Penyusunan ketiga seri buku ini disesuaikan dengan standard kurikulum PAUD & TK.

buku paud tk anakkita

 

Seri Smart Workbook

Kemampuan menulis huruf, menulis angka, dan membaca merupakan keterampilan utama yang harus dipelajari oleh anak ketika mulai masuk PAUD/TK. Tentunya sebagai orangtua akan bangga jika anaknya sudah mahir dalam menulis dan membaca. Kemampuan tersebut tidak akan begitu saja terasah jika hanya mengandalkan kegiatan belajar di sekolah. Dalam seri buku ini diharapkan menjadi solusi pendamping bagi anak agar mahir dalam menulis dan membaca.

Ada empat seri Smart Workbook yaitu: Menulis Huruf & Membaca, Menulis Huruf Besar & Kecil, Menulis Angka & Berhitung, Menulis Huruf-huruf Hijaiyah. Keunggulan seri Smart Workbook terbitan RuangKata, antara lain sistematis, interaktif, atraktif, praktis, hemat, dan bilingual. Trilingual, khusus seri Menulis Huruf Hijaiyah.

Sistematis

Materi disusun secara sistematis, diawali dengan belajar mengenal garis dilanjutkan dengan mengenal dan menebalkan huruf, angka, dan juga membaca. Kegiatan ini dapat melatih konsentrasi dan motorik halus anak.

Interaktif dan Aktraktif

Dengan adanya game aktivitas yang seru ditambah gambar ilustrasi yang menarik dan berwarna, akan membuat belajar menebalkan dan menulis huruf, angka, dan juga latihan membaca lebih menyenangkan untuk anak.

Hemat dan Praktis

Dengan menggunakan spidol non permanen, buku ini dapat digunakan berulang kali. Anak bisa menulis, menghapus, lalu menuliskannya kembali tanpa mengganti atau merusak kertas.

Bilingual

Mengenal nama-nama buah, hewan, dan benda lainnya dalam dua bahasa (Indonesia-Inggris) disertai dengan gambar ilustrasi berwarna, khusus untuk Smart Workbook; Menulis Huruf Hijaiyah dalam tiga Bahasa (Indonesia-Arab-inggris).

smartbig book ruangkata

 

Seri Mewarnai & menempel Stiker

Salurkan waktu dan ekspresi anak bunda lewat kegiatan seru dengan tema yang mereka sukai. Beberapa buku seri ini bisa menjadi bagian yang menyenang untuk menyalurkan daya imajinasi mereka. Keempat seri buku anak ini antara lain Mewarnai & Menempel Stiker MOBIL KEREN, PESAWAT, DINOSAURUS, dan HEWAN BUAS.

Di dalam buku ini terdapat gambar untuk diwarnai oleh anak dengan stiker yang keren dan berwarna di dalamnya. Selain mengenalkan berbagai macam nama/jenis sesuai dengan judul buku, anak juga akan belajar mengenal warna dan bentuk. Jangan lupa ya, tempelkan stikernya pada kolom stiker di setiap halamannya. Tentunya sangat menyenangkan mewarnai sambil menempel stiker.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari aktivitas mewarnai sambal menempel stiker. Misalnya mengasah motorik halus dan kreativitas anak, mengenal perbedaan warna, melatih konsentrasi dan koordinasi mata dan tangan anak, serta memperkaya kosakata. Dengan begitu buku ini diharapkan menjadi media yang tepat dalam menyalurkan imajinasi dan ekspresi anak. Yuk, kita warnai dan tempelkan stikernya!

 

***

Keenam seri buku di atas bisa diperoleh di toko buku Gramedia terdekat dengan tempat tinggal bunda. Buku-buku tersebut juga bisa didapatkan di toko buku daring atau di market place.

 

Foto Tanaphong Toochinda on Unsplash

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Post Author: adgroup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.