pelatihan menyeduh kopi metode manual brew

Sore Seru, Belajar Menyeduh Kopi untuk Para Pekerja Buku

Cara minum kopi yang dipilih langsung dari bijinya mulai banyak dipraktikkan di perkantoran dan rumah-rumah. Model manual dalam menyeduh kopi, butuh keterampilan tersendiri. Nampaknya pilihan ini menjadi menarik untuk dicoba siapa saja, termasuk oleh para pekerja buku di Kelompok Agromedia.

Selasa Sore lalu (6/08/2019) digelar pelatihan belajar menyeduh kopi di Kantor Penerbit Kelompok Agromedia. Acara yang dihadiri para pekerja buku mengundang Abi Hafiizh, seorang senior barista dari Tana Merah. Pelatihan untuk pemula ini, durasinya kurang lebih dua jam praktik langsung menyeduh dan paparan seputar kopi.

Sebelum belajar praktik menyeduh, Abi memaparkan  sepintas perjalanan biji kopi sampai di meja ini. Sementara metode seduh yang diajarkan adalah metode manual brew seperti V60 (baca: vi-sixty). Nama V60 diambil dari metode menyaring menyerupai corong dengan kemiringan 60 derajat. Metode ini cukup populer dikalangan penggemar kopi karena relatif mudah bagi pemula.

Jenis kopi yang didemokan untuk latihan menyeduh dipilih Arabika dari kopi Palawan. Diawali dengan memanaskan air pada suhu maksimal 96 derajat celsius. Jika suhu air lebih dari 96 derajat celcius kopi bisa gosong.

Selanjutnya untuk menghilangkan bau kertas yang berfungsi sebagai filter kopi, kertas dituang air panas terlebih dahulu.

“Untuk menyeduh kopi, ada takarannya. Satu gram kopi sama dengan sepuluh mili air, “ terang Abi sembari menimbang biji kopi. Dalam demo tersebut Abi mencontohkan 20 gram biji kopi yang dimasukkan dalam grinder, mesin penggiling biji kopi.

Dalam menghaluskan biji kopi, hindari mendahulukan biji kopi ke dalam grinder. Hal ini untuk menghindari blade atau pisau rusak atau tidak bergerak karena terganjal biji-biji kopi. Maka mesin grinder wajib dinyalakan terlebih dahulu, baru memasukkan biji-bji kopi. Untuk level putaran pilih yang medium.

Menyeduh kopi ala barista memang bisa merepotkan. Namun, untuk mendapatkan cita rasa kopi yang nikmat menempuh cara dengan  manual penyeduhan sendiri bisa menjadi praktik yang menyenangkan bagi pemula. Terlebih lagi belajar membedakan rasa kopi menjadi tantangan tersendiri.

“Cukup serulah, menyeduh kopi dengan metode V60,“ ujar Falen, dari mediakita memberikan komentar pelatihan menyeduh kopi di kantor Kelompok Agromedia.

Sebelum workshop menyeduh kopi ini, digelar pelatihan desain & branding yang juga diselenggarakan oleh HRD Kelompok Agromedia.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply