aksi donor darah pekerja buku

Kelompok Agromedia Gelar Aksi Donor Darah dan Talkshow Hidup Sehat Bersama Serat

Selasa (1/10/2019), tepat Hari Kesaktian Pancasila, Kelompok Agromedia menggelar aksi donor darah di kantor penerbit Jalan H. Montong No.57, Jakarta Selatan. Aksi donor darah ini bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia). Kegiatan donor darah ini diikuti oleh karyawan dari berbagai divisi, seperti editor, desainer, HRD, dan bagian umum.

Seperti kita ketahui, donor darah tidak hanya membantu dari sisi kemanusiaan, tetapi jika dilakukan secara rutin membuat si pendonor juga sehat. Harapannya orang lain selamat, si pendonor sehat. Aksi donor darah ini rutin dilakukan di kantor Kelompok Agromedia. 

Kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh divisi HRD Kelompok Agromedia diikuti kurang lebih 41 pendaftar. Hanya yang berhasil diambil darahnya sejumlah 31 orang.  10 orang gagal diambil darahnya, karena berbagai alasan, seperti sakit, hemoglobin rendah, darah tinggi, atau baru selesai menstruasi.

Bagi beberapa karyawan, donor darah kali ini menjadi pengalaman pertamanya. Maka tidak heran jika bayangan perasaan takut sakit kena jarum donor. Kurang lebih satu kantung darah yang diambil 350 CC per orang.

Terkait kelancaran dan durasi pengambilan darah tiap orang tidaklah sama. Hal ini disebabkan kekentalan darah tiap orang berbeda-beda. Waktu pengambilan dengan kondisi darah mengental cenderung lebih lama proses donornya.

Biasanya dalam prosesnya, darah yang mengental bisa menyebabkan tangan kesemutan. Hal ini terjadi juga pada Arief, desainer Transmedia. Untuk mengurangi proses kesemutan, bagian jemari tangan bisa digenggam dan dibuka berulang kali. Pengalaman donor darah kedua kali ini, membuat Arief merasa berbeda dari yang pertama, ia merasa mengantuk usai donor darah.

Sementara itu bagi EM Giri Prastowo, desainer Visimedia Group, donor darah kali ini adalah pengalaman yang pertama. Saat pengambilan darah relatif lancar dibandingkan peserta donor darah lainnya. Kebiasaan berolahraga sepeda dan mengonsumsi buah yang dilakukan Giri selama ini ternyata membantu memperlancar proses pengembilan darah. “Ini pengalaman donor pertama saya, ternyata tidak sakit,” ujar penghobi olahraga sepeda ini.

Di tengah acara donor darah, juga digelar talkshow pentingnya serat bagi tubuh. Serat bagi tubuh sangat penting, tidak hanya untuk menjaga saluran pencernaan tetap lancar, tetapi juga menurunkan kolesterol dan mencegah diabetes. Konsumsi serat rutin, seperti yang terkandung dalam buah dan sayur diperlukan tubuh untuk membantu merilis “racun” yang mengendap di tubuh. Talkshow seputar kesehatan dan serat ini disampaikan oleh Fibre First.

Sebelum talkshow “Pentingnya Serat Bagi Kamu yang Aktif, “ Tanudi, Direktur Visimedia Group dan Direktur HRD, menyampaikan pentingnya olahraga bagi karyawan. Terkait hal ini, rencananya, HRD Kelompok Agromedia akan menghidupkan kembali olahraga rutin bersama di kantor Montong.

Salam sehat dengan donor darah dan jangan lupa bahagia.

Tanudi, Direktur Visimedia Group & HRD dalam sambutan membuka talkshow “Pentingnya Serat Bagi Kamu yang Aktif”.
Pekerja buku belajar pentingnya asupan serat bagi tubuh manusia.

No Comments

    Leave a Reply