Penting, Pendaftaran CPNS 2021 Mau Dibuka, Persiapkan Bekal Agar Yakin Lolos Tes Seleksi CPNS

cpns situs web bkn

Sudah tidak sabar ya menunggu pengumuman pembukaan pendaftaran CPNS tahun 2021 ini? 

Dilansir detik.com prediksi bulan Maret 2021 formasi CPNS akan diumumkan dan bulan April 2021 akan dibuka pendaftaran untuk 1,3 juta orang. Satu juta posisi ditujukan untuk guru honorer yang ingin melamar menjadi PPPK. Sisanya, kurang lebih 300.000 posisi untuk CPNS. Tertarik dan berminat ingin segera mendaftar kan? 

Selain itu dalam memilih formasi dan kuota CPNS juga perlu perhitungan matang. Mau memilih di pusat atau di daerah. Jelas kalau di ibu kota tingkat persaingan semakin tinggi. Cek kuota yang paling banyak membutuhkan CPNS, agar tingkat kompetisinya relatif lebih kecil. 

Menurut, Detik.com, kuota lowongan CPNS Pusat tahun 2021 lebih sedikit dibandingkan dengan di pemerintah daerah. CPNS pusat, membuka sekitar 40.000 posisi dan 189.000 CPNS wilayah daerah (pemda). Nah, sudah terbayang kan. 

sumber detik.com

Mulai Siapkan File Data Pribadi

Yuk, persiapkan diri mulai sekarang, langkah-langkahnya, dari urusan adminstrasi hingga kenali tip dan trik pembahasan soal agar tembus CPNS. 

Sebagai pengingat otomatis, nyalakan notifikasi di handphone mu tanggal-tanggal penting terkait pendaftaran, tanggal tes, dan pengumuman. Silakan dicatat, pada bulan April hingga Mei 2021, pembukaan pendaftaran akan digelar. Seleksi CPNS, akan dilanjutkan bulan Juni 2021. 

Masih ada waktu untuk mengumpulkan kebutuhan data pribadi untuk  bagi calon pendaftar CPNS. Segera saja mulai disiapkan dalam bentuk soft copy. Semua foto diri, KTP, KK, transkrip nilai, ijazah, surat lamaran, dan dokumen pendukung segera dipindai (scan). 

Simpan dalam bentuk jpeg dan .pdf dalam format asli mau ukuran kecil, agar bisa diunggah saat menginput data. Ketahui juga ukuran file maksimal yang bisa diunggah, tiap dokumen berbeda. Silakan di cek di situs web resmi SSCASN.

Siap-siap Memperbanyak Latihan Soal dan Kenali Triknya

Jika perlengkapan data diri sudah siap, kamu tinggal banyak-banyak belajar mengatur waktu dan mencoba soal-soal tryout CPNS. Agar tidak terbebani, lakukan schedulle belajar sehari 1-2 jam rutin, dan membuat catatan. Hal ini perlu dilatih, sebab durasi tes seperti yang kamu ketahui sudah ditentukan. Bedakan soal mudah berapa lama selesai dan berapa lama waktu mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan tinggi. Ini perlu latihan.

Sembari mempersiapkan data pribadi di atas, kamu bisa mulai belajar tip dan trik soal dan pembahasan agar tidak kaget dalam tes seleksi. Semua bekal tersebut untuk mempersiapkan diri dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). 

Dalam SKD, kamu perlu mempelajari soal-soal tes wawasan kebangsaaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi. Sementara untuk bekal seleksi SKB, kamu perlu menyiapkan latihan soal dan pembahasan meliputi tes akademik berupa kemampuan matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Dalam SKB soal-soal latihan disesuaikan dengan bidang masing-masing yang kamu pilih.

Agar langkah perjuangan kamu lebih mantap, kamu perlu belajar dari pengalaman calon CPNS sebelumnya. Mengapa mereka bisa gagal dan mengapa mereka bisa dengan mudah lolos. 

Dalam upaya menembus tes seleksi CPNS, belajar dari tahun ke tahun dari pengalaman banyak calon CPNS yang berhasil lolos, kebanyakan mereka selalu berbekal buku-buku panduan dan memperbanyak latihan soal minimal satu bulan sebelum tes CPNS. Ini menjadi salah satu kunci utama, selain tepat dalam memilih bekal buku panduan soal dan pembahasan yang banyak disarankan. 

Tiga Buku Panduan CPNS Rekomendasi dari Tahun ke Tahun

Agar proses belajar kamu lebih sistematis dan efisien, coba bekali dengan buku-buku panduan CPNS. Bekali dengan buku yang sesuai tujuan dan kebutuhan. Buku-buku yang memang dirancang untuk memudahkan dan menjadi solusi calon CPNS dalam menghadapi tes seleksi masuk CPNS.

Setidaknya ada tiga pilihan buku rujukan untuk bekal seleksi CPNS tahun ini yang bisa kamu pelajari. Ketiga judul buku ini disarankan sebagai pegangan dari tahun ke tahun: Panduan Resmi Tes CPNS 2021/2022 dan All New Tes CPNS 2021/2022, Modul Resmi Seleksi Masuk CPNS 2021/2022. 

Modul Seleksi Masuk Tes CPNS 2021/2022

Buku ini mengupas detail dari awal, seperti cara menyiapkan diri dalam seleksi administrasi, kisi-kisi berdasarkan kompetensi tes, materi, dan prediksi jumlah soal yang keluar dalam tes CPNS 2021/2022. Buku yang diterbitkan Cmedia ini juga dilengkapi dengan ringkasan materi per bagian, mulai dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Serta dilengkapi pula contoh soal yang sering diujikan dalam tes CPNS dan SKD.

Ada juga soal-soal yang disajikan di buku ini memiliki penekanan pada HOTS (higher order thinking skills), yaitu keterampilan yang melibatkan analisis, evaluasi, dan kreasi. HOTS dianggap sebagai tingkat yang lebih tinggi daripada mempelajari fakta dan konsep sehingga memerlukan metode pembelajaran dan pengajaran yang berbeda. 

Kelebihan lain, buku ini disertai bonus CD Software dan Aplikasi Android. Berisi software CAT (Computer Assisted Test) CPNS, aplikasi android Tes CPNS, dan video tutorial Tes CPNS 2021/2022. Serta dilengkapi Seleksi Kemampuan Bidang. Dilengkapi 18 paket soal plus pembahasan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) dari berbagai kementerian.

  • Panduan Resmi Tes CPNS 2021/2022. Proses penerimaan tes CPNS mulai dari persyaratan pendaftaran dan pelaksanaan CPNS dikupas secara detail dalam buku ini sebagai langkah awal agar Anda lolos dalam menghadapi seleksi administrasi.
  • Dilengkapi Kisi-kisi Terupdate CPNS 2021/2022. Kisi-kisi disajikan berdasarkan per bagian tes. Berdasar kompetensi tes, materi, dan prediksi jumlah soal akan keluar dalam tes CPNS 2021/2022.
  • Full Ringkasan Materi. Ringkasan materi dikupas berdasarkan per bagian, mulai dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Dilengkapi pula contoh soal yang sering diujikan dalam tes CPNS.
  • Full Soal dan Pembahasan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Paket soal dan pembahasan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) terdiri atas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Disajikan secara lengkap dengan pembahasan yang mudah dipahami dan dipelajari.
  • Full Soal HOTS dan Pembahasan. Soal-soal yang disajikan di buku ini memiliki penekanan pada HOTS (higher order thinking skills), yaitu keterampilan yang melibatkan analisis, evaluasi, dan kreasi. HOTS dianggap sebagai tingkat yang lebih tinggi daripada mempelajari fakta dan konsep sehingga memerlukan metode pembelajaran dan pengajaran yang berbeda. HOTS melibatkan pembelajaran dari keterampilan penilaian yang kompleks seperti pemikiran kritis dan pemecahan masalah. HOTS lebih sulit untuk dipelajari atau diajarkan tetapi juga lebih berharga karena lebih mungkin digunakan dalam situasi baru.
  • Bonus CD Software dan Aplikasi Android. Berisi software CAT (Computer Assisted Test) CPNS, aplikasi android Tes CPNS, dan video tutorial Tes CPNS 2021/2022.
  • Dilengkapi Seleksi Kemampuan Bidang. Dilengkapi 18 paket soal plus pembahasan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) dari berbagai kementerian.

Panduan Resmi Tes CPNS CAT 2021/2022

Buku Panduan Resmi Tes CPNS CAT 2021/2022 merupakan buku terlengkap untuk persiapan tes cpns. Buku ini berisikan materi dan ribuan kombinasi paket soal CAT sesuai aslinya. Buku ini terdiri atas:

1. Informasi Tes CPNS sesuai dengan PermenpanRB

2. Pengolahan nilai SKD, SKB, dan pengumuman kelulusan

3. Bedah materi sesuai dengan kisi-kisi terbaru

4. Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

  • Tes Wawasan Kebangsaan
  • Tes Intelegensi Umum
  • Tes Karakteristik Pribadi

5. 9 Paket Prediksi Tes CPNS

6. Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

  • Tes Literasi
  • Tes Potensi Akademik
  • Psikotes
  • Mental Ideologi
  • Kemampuan Bahasa Inggris
  • Tes Kesehatan dan Kesamaptaan
  • Wawancara

7. Strategi Menaklukkan Soal-soal HOTS Tes CPNS

8. Dilengkapi 25 Paket Pintar SKB

9. 2 Tryout Nasional

Keunggulan kolaborasi Tryout Nasional CPNS 2021 antara Bintang Wahyu dan @cpnsindonesia.id:

  • Paket Soal Akurat, soal pilihan dari soal tes CPNS tahun sebelumnya
  • Pengerjaan Online, bisa dikerjakan di mana pun Anda berada, baik di HP ataupun komputer
  • Hasil Instan, hasil langsung keluar ketika pengerjaan selesai
  • Peringkat Nasional, bandingkan hasilmu dengan para pesaing lainnya di Ranking Nasional!
  • Lihat Progres, kerjakan lebih banyak tryoutnya, lihat menu statistik di akun kamu
  • Tipe soal, jumlah soal, waktu pengerjaan, nilai ambang batas disesuaikan dengan aslinya

10. Free Aplikasi Android:

  • App Bintang CPNS SKD-SKB
  • App Bintang Kepribadian
  • App Bintang TPA
  • App Bintang TOEFL

11. Bonus CD Aplikasi Tryout CPNS CAT dengan ribuan kombinasi paket soal CAT sesuai aslinya.

Pesan Buku Di Sini

All New Tes CPNS 2021/2022

Buku All New Tes CPNS 2021/2022 hadir sebagai solusi bagi Anda yang ingin menempuh tes penerimaan CPNS. Disusun oleh tim yang sudah berpengalaman yang beranggotakan praktisi-praktisi psikotes dan PNS, Anda akan mendapatkan: panduan Iengkap mengenai tahapan-tahapan dalam penerimaan CPNS, ringkasan materi Iengkap seleksi kompetensi dasar, 10 paket prediksi soal SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) CAT CPNS yang dilengkapi pembahasan dan trik mengerjakan soal, serta 9 paket SKB (Seleksi Kemampuan Bidang) beragam kementerian dan pemerintah provinsi. Anda juga akan mendapatkan CD yang berisi beragam e-book, software, aplikasi android, audio listening TOEFL, dan 9 paket SKB (Seleksi Kemampuan Bidang).

Post Author: adgroup