Karyawan Agromedia Goes To Pahawang

Menjeda rutinitas dengan nge-trip memang perlu bagi siapa saja, terutama untuk karyawan. Selain untuk melepas penat dan untuk menengok destinasi wisata Tanah Air yang syarat keindahan, menjalin kebersamaan tak kalah penting lho.

Nah, akhir pekan Minggu lalu, ada acara piknik asyik dan seru bersama karyawan Agromedia. Ngetrip ini digelar13-15 April 2018. Sekitar 26 karyawan Agromedia dari divisi HRD, Umum, IT, dan Web piknik ke pulau Pahawang. Sebagian besar karyawan pun turut mengajak keluarganya.

Perjalanan yang ditempuh dari titik kumpul, di Jakarta Selatan hingga Pahawang sekitar 8 jam melalui perjalanan darat. Oiya, Pulau Pahawang terletak berada di Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Aksesnya cukup mudah dijangkau dari Jakarta.

Menyeberang Ke Pelabuhan Bakaheuni

Penyeberangan lewat jalur laut yang menghubungkan Merak dan Bakaheuni, bagi beberapa karyawan Agromedia adalah pengalaman pertama yang seru.

Kami tiba sekitar pukul satu dini hari di Pelabuan Merak. Beberapa menit menunggu akhirnya bus rombongan Agromedia memasuki tubuh kapal feri. Segera kami keluar dari bus menuju geladak kapal untuk beristirahat, sebagian menghirup udara malam.

Banyak pula yang menikmati perjalanan menyeberang lewat laut, baik saat keberangkatan ke Bakaheuni maupun saat balik menuju Merak, Jakarta. “It was fun,” kata Maurin Andre, Manager HRD Agromedia. Laut yang dibelah kapal besar yang kami naiki nyaris tidak terasa guncangannya. Aktivitas kami di atas kapal selain memandangi laut, beberapa karyawan ada yang minum kopi dan ber-selfie ria.

Akhirnya waktu tempuh kapal kurang lebih tiga jam, nampaknya tidak membuat mereka jenuh. Menjelang subuh kami sampai di Bakaheuni dan melanjutkan perjalanan lebih kurang satu jam ke pelabuhan Ketapang. Sebelum menyeberang dari Ketapang, udara pantai langsung memapar kulit kami. Dalam tiga kelompok kapal kayu kecil, kami menuju pulau tujuan, Pahawang. Penyeberangan sekitar satu jam hingga sampai di penginapan, untuk meletakkan tas-tas bawaan.

agromedia goes to pahawang2

Pulau Pahawang

Menurut catatan National Geographic, Pulau Pahawang mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal mulai tahun 2011. Di perairan yang cukup tenang ini, banyak spot keindahan tersembunyi yang masih alami. Pahawang menyuguhkan lanskap keindahan alam bawah laut, wisata pantai, dan wisata olahraga air seperti jetsky, banana boat dan sofa boat.

Lalu apa saja yang dilakukan karyawan Agromedia di pulau Pahawang?

Spot wisata utama untuk snorkeling tersebar di wilayah perairan Pahawang . Tentu saja kami banyak menghabiskan waktu untuk berenang dan snorkeling. Walaupun banyak titik snorkeling dari pinggiran pantai hingga tengah laut yang bisa dieksplorasi, namun cukup empat spot yang berhasil kami jamah.

Keindahan terumbu karang dan kehidupan bawah laut, seperti ikan Nemo yang cukup ngetop itu bisa ditemui di sini. Banyak biota laut penghuni perairan Pahawang yang menarik diamati dari balik kacamata renang kami. Ya, tentu saja menatap kehidupan nyata di bawah laut cukup menghibur dari pada menatap monitor laptop.

ikan nemo di laut pahawang

Selain “berkunjung” di lanskap bawah laut, ada beberapa pulau yang kami kunjungi. Yaitu Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Kelagian Kecil yang dikenal dengan spot foto kayu pohon, dan Pulau Pasir Timbul dengan pasir putihnya yang berada di antara Pahawang Besar dan Pahawang Kecil.

Selesai snorkeling kami duduk-duduk santai di tepi pantai, melepas lelah sembari ngobrol, minum kopi, dan melamun memandangi laut :). Sementara anak-anak berebut hammock untuk bermain ayunan. Nah, menjelang tengah malam ikan bakar tersedia bagi yang belum terlelap tidur.

Sedikit catatan bagi yang belum pernah snorkeling tetap perlu waspada, sebab batu karang-karang yang tajam bisa melukai kaki dan bulu babi bisa membuatmu gatal. Beberapa karyawan Agromedia pun mengalami hal ini. Satu lagi, untuk mengurangi mata pedih karena air laut, gunakan selalu kacamata renang.

Nampaknya alam cukup welcome dengan kedatangan rombongan karyawan Agromedia. Cuaca cerah dari pagi hingga malam, dan hari berikutnya menjelang kepulangan nampak memberi tanda.

Udara panas namun syarat oksigen di kepulauan ini cukup menyegarkan paru-paru. Kulit gosong dan kering, serta bersisik menjadi oleh-oleh bersama yang kami bawa ke Jakarta. Demikian keseruan kami dari Pulau Pahawang.

Kembali ke Merak

melihat laut

Ya, menyeberang via kapal feri memang menjadi bagian trip yang asyik bagi kami. Sekitar pukul empat sore (15/04/2018), bus rombongan Agromedia sampai di Bakaheuni dan masuk kembali ke badan kapal Feri untuk kembali penyeberangan ke Pelabuhan Merak. Udara laut sore menjelang senja sayang dilewatkan. Selain itu pemandangan kapal-kapal dan lampu di sekitar pulau-pulau menjadi pemandangan yang langka bagi kami.

Puji syukur, alhamdulillah, keseluruhan perjalanan kami lancer. Sekitar pukul tujuh malam, kami tiba di Merak dan tiba di kantor, Jakarta Selatan, sekitar pukul 22.00 WIB.

Kapan ngetrip bersama lagi? Let’s Go!! 😀

agromedia pahawang penginapan

Rombongan piknik Agromedia di Pulau Pahawang.

agromedia pahawang3

Naik perahu kayu, menuju spot snorkeling di Pulau Pahawang.

agromedia goes to pahawang1

Ramai-ramai snorkeling di Pulau Pahawang.

agromedia snorkeling di pahawang

Angga, karyawan dari bagian umum, menyelam di Pulau Pahawang.