6 Buku Rujukan untuk Penikmat Kopi dan Komunitas Kopi

coffee shop
Ilustrasi Coffee shop. | Foto dari unsplash.com

 

Kebiasaan menyeduh kopi sudah lama menjadi tradisi orang Indonesia. Seperti halnya kebiasaan minum teh. Namun ada yang menarik jika membandingkan, sejak tahun 2010 karena konsumsi kopi mengalami peningkatan tajam pada 2014. Dilansir Tempo.co , dari 800 gram per kapita naik menjadi 1,03 kilogram. Hal ini ditandai dengan perilaku kelas menengah yang lebih sering menikmati kopi di kafe-kafe.

Mungkin setelah booming film Filosofi Kopi pada 2014 yang diadaptasi dari buku kumpulan cerpen dan prosa karya Dee Lestari, ditengarai gaya hidup minum kopi di kafe meningkat. Kebiasaan kelas menengah dalam minum kopi yang biasa dilakukan di rumah bergeser ke coffee shop. Seiring hal ini kedai-kedai kopi baru tumbuh di sekitar perkotaan.

Jumlah kedai kopi berlipat-lipat, menurut catatan yang dilansir detik.com, mengalami peningkatan. Dari angka statistik, dalam tiga tahun kenaikan jumlah kedai kopi menjadi 2000 kedai.

Bagi yang tertarik menekuni bisnis kopi, yuk tambahkan wawasan perkopian dengan rujukan enam buku ini. Tidak banyak lho buku yang mengulas seluk beluk dunia kopi yang ditujukan untuk para pembaca awam, khususnya yang hadir dalam bahasa Indonesia. Keenam buku terbitan Agromedia ini merupakan referensi penting bagi penikmat kopi, calon pebisnis kopi, barista, periset, dan para penikmat kopi di Indonesia, serta pemilik kedai kopi.

Coffee Roasting

coffee roasting

Buku Coffee Roasting berisi panduan mengolah biji kopi yang sudah dipilih untuk pemula. Biji kopi yang telah dipanen dan dipililh, lalu “digoreng” dengan mesin roasting. Diawali dengan pengetahuan perkebunan kopi hingga langkah-langkah melakukan roasting. Proses roasting, adalah satu langkah setelah green bean (biji kopi) dipilih dan siap dimasak. Dibutuhkan peralatan dan keterampilan serta pengalaman untuk menemukan cita rasa dan kualitas kopi unggulan.

Barista #NoCingCong

Barista #NoCinCong. Ya untuk menjadi seorang peracik kopi atau barista dengan skill yang unggul dan profesional dibutuhkan jam terbang tinggi dan pengetahuan dunia perkopian dari hulu hingga hilir. Ingin masuk ke dalam industri kopi, buku ini wajib sobat miliki, karena mengulas urusan kopi secara menyeluruh. Barita sesungguhnya benar-benar wajib memahami perjalanan biji kopi dari sebelum ditanam hingga proses pengolahan dan pemilihan biji kopi. Bukan sekadar bekerja dan berada di balik mesin-mesin kopi.

A to Z Memulai Usaha Kedai Kopi

a to z memulai dan mengelola usaha kedai kopi

Mengawali tahun ini, sebuah buku rujukan dari Agromedia, yang ditulis oleh Dani Hamdan dan Andika Ajie Sastra coba berbagi pengalaman dan persiapan membuka usaha Kedai Kopi. Kedua penulis telah lama mengeluti dunia kopi, dari urusan tanaman, biji, barista, hingga bisnis kopi. Selain itu mereka memiliki banyak pengalaman dalam meriset komoditas kopi serta melakukan pendampingan dengan petani kopi. Sementara Andika punya pengalaman dalam mengelola kedai kopi di Bandung. Buku A to Z Memulai Usaha Kedai Kopi merupakan buku yang kaya wawasan. Dalam buku ini terdapat rujukan aneka menu kopi kekinian, dan kopi ala coffee shop.

Buku Pintar Kopi

Buku Pintar Kopi karya Eddy Panggabean

Buku ini ditulis oleh Eddy Panggabean, nama yang tidak asing di kalangan pegiat kopi Indonesia, termasuk di kalangan akademisi yang khusus melakukan riset kopi. Buku ini sudah beberapa kali cetak. Tahun lalu dicetak ulang dengan format konsep design yang lebih kekinian dan fresh. Dalam buku terbitan Agromedia ini, Eddy, coba mengulas sejarah kopi Indonesia dari hulu hingga hilir, dari sejarah , jenis tanaman kopi, cara memilih biji kopi, roasting, hingga tip menemukan cita rasa kopi. Ulasan lengkap bisa disimak di sini.

Coffee: Karena selera tak dapat diperdebatkan

buku coffee

Dari judulnya nampak mencoba menghentikan dan mendamaikan perdebatan dalam soal selera memilih rasa kopi. Ya untuk urusan pilihan rasa memang sulit digeser ke wilayah rasional. Yang ada, menemukan menggali perbedaan-perbedaan dan memunculkan selera suka dan tidak suka. Yang akhirnya tidak bisa dipaksakan. Yang jelas dalam buku ini bisa dijumpai aneka tips dan cara menyajikan kopi Nusantara dan cerita sejarah kopi.

Journey of Joe

journey of joe

Judul buku ini mewakili perjalanan kopi di dunia hingga bagaimana masuk ke wilayah Nusantara. Joe adalah sebutan untuk biji kopi. Sementara itu kopi di wilayah Nusantara, diulas 7 kopi dari berbagai daerah seperti Wamena, Gayo, Sulawesi, Bali, Flores, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

Keenam buku kopi di atas saling melengkapi wawasan dunia perkopian untuk pembaca. Keenam buku tersebut bisa bisa dijumpai di toko buku Gramedia dan toko buku daring atau market place langganan Anda.

Eit, awas jangan beli yang bajakan ya!

 

 

Post Author: adgroup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *