Tue02092014

Ingin dapat kiriman info buku terbaru dari Kelompok Agromedia? Silakan registrasi dengan memasukkan email.

Kabar

Tabel Periodik Unsur-unsur Kimia

tabel-priodikUnsur kimia terdapat banyak jenis yang harus diketahui, bahkan dihafal oleh siswa dan mahasiswa. Bagi jurusan IPA, nama-nama unsur kimia dan kandungannya sudah biasa ditemukan dalam pelajaran Kimia atau Fisika. Pasalnya, material yang menjadi objek pembahasan dalam setiap bidang, tentunya terdiri dari unsur-unsur kimia tersebut. Misalnya air, terdiri dari oksigen yang memiliki nama unsur kimia O dan hidrogen dengan nama unsur kimia H (H20).



Selain nama unsur kimia dengan simbolnya, ada juga nomor atom dan massa atom relatif dari setiap unsur tersebut. Misalnya hidrogen (H), nomor atomnya 1, sedangkan massa atom relatifnya adalah 1.00797. Artinya, nomor atom menandakan jumlah elektron. Sementara massa atom relatif adalah perbandingan massa atom suatu unsur terhadap 1/12 kali massa satu atom karbon-12.

Menurut kami, terutama bagi yang belum terbiasa dengan nama-nama unsur kimia dan deretan angka atom tersebut, pasti sangat membingungkan. Kemungkinan pula sangat sulit untuk dihafal. Padahal, jumlahnya lebih dari seratus nama. Belum lagi jika mengalkulasikannya melalui rumus-rumus tertentu untuk memperoleh perhitungan lain sesuai pelajaran yang diberikan.

Kawan Pustaka menerbitkan dua buah foster tabel periodik “Sistem Periodik Unsur-unsur Kimia”. Tabel pertama untuk jenjang SMP, sedangkan tabel kedua untuk jenjang SMA dan universitas. Foster ini terbuat dari plastik anti air dan tidak mudah sobek sehingga akan awet digunakan. Tabel ini akan memudahkan Anda melihat nama-nama unsur kimia secara praktis, tanpa harus membuka lembaran buku pelajaran.

Pada tabel ini, pada halaman depan terdapat tabel periode dari golongan IA hingga golongan VIIIA, Logam Transisi Dalam dari Lantanida dan Aktinida. Sedangkan halaman belakangnya, pada tabel untuk SMP berisi tabel nama unsur Indonesia dan Inggris, simbol, nomor atom, dan massa atom, serta dilengkapi contoh nomor atom, massa atom relatif, dan massa molekul relatif.  Sementara itu, pada tabel untuk SMA dan universitas berisi tabel sifat-sifat periodik unsur, periode dan golongan, unsur-unsur utama (A), aturan konfigurasi elektron, serta etimologi nama unsur-unsur kimia.

Distributor Buku

agromedia-distributor

transmedia-distributorbuku

kawahmedia

bukukita

Griya

Alamat

Jl. H. Montong No. 57
Ciganjur - Jagakarsa
Jakarta Selatan
Indonesia
12630

Telepon: 021-788 830 30
Faks.: 021-727 0996

 

  Powered by Jkos Indonesia