Wed01102014

Ingin dapat kiriman info buku terbaru dari Kelompok Agromedia? Silakan registrasi dengan memasukkan email.

Kabar

Menguak Rahasia Seni Permainan Rubik

Rubik atau cube magic adalah permainan yang mengundang rasa penasaran, mengasah logika, dan emosi. Permainan ‘teka-teki’ ini ditemukan oleh Profesor Erno Rubik pada tahun 1974. Perlahan pada tahun 1980, demam Rubik mulai dikenal di dunia ditandai laris manisnya Rubik.

selengkapnya
Rubik atau cube magic adalah permainan yang mengundang rasa penasaran, mengasah logika, dan emosi. Permainan ‘teka-teki’ ini ditemukan oleh Profesor Erno Rubik pada tahun 1974. Perlahan pada tahun 1980, demam Rubik mulai dikenal di dunia ditandai laris manisnya Rubik.
 
Bagi yang belum mengenali kunci permainan ini, cara menyelesaikan bisa sampai berhari-hari. Nah, ingin tahu rahasia bermain Rubik? Ada aneka cara menyelesaikan permainan Rubik. Rahasia permainan magic cube ini disampaikan Wicaksono Adi, pemegang juara dunia Rubik’s Cube Multiple Blindfolded, dalam buku Tip dan Trik Jago Main Rubrik.
 
Ia membuka dengan tujuh langkah cepat menyelesaikan. Sebagai pengantar, mahasiswa jurusan Teknik Industri Pertanian- Universitas Gadjah Mada ini memberikan dasar-dasar notasi gerakan memutar Rubik yang dilengkapi gambar full warna.
 
Selain mengerjakan metode lapis demi lapis, ada pula teknik menyelesaikan dengan cara speedingcubing, F2L (first two layer), OLL (Orientation of Last Layer), hingga DLD (Blindfolded Solving). Aneka teknik tersebut disajikan dalam buku terbitan Gradien.

Bila telah mengetahui kunci rahasia permainan ini, pada level selanjutnya kecepatan permainan Anda hingga mendekati 20 detik. Ada tingkatan lebih ekstrem yaitu menyelesaikan dengan tutup mata, menggunakan tangan satu, hingga bermain dengan kedua kaki.

Penulis kelahiran Semarang ini juga menunjukkan cara memilih jenis Rubik dan aneka kompetisi lokal -internasional yang bisa memperkaya pergaulan dan semangat bermain Rubik. Sekadar catatan Wicaksono Adi baru mengenal Rubik pada bulan Mei 2009 dengan segera ia dapat menguasai metode menyelesaikan Rubik dengan tutup mata.

Perlu diketahui ada beberapa warna identitas Rubik. Umumnya, skema warna BOY (Blue-Orange-Yellow). Di Jepang ada pula skema warna lain seperti Yellow-Orange-Blue. Sementara skema warna Indonesia pernah diusulkan oleh Wicaksono Adi dengan warna BOR ( Blue-Orange-Red).

Buku permainan Tip dan Trik Jago Main Rubrik mengajak pemula hingga mahir dalam aneka metode menyelesaikan permainan Rubik. Anda juga akan berjumpa dengan dasar-dasar permainan, tip menguasai algoritma, dan cara-cara menyenangkan lainnya. Selamat bermain.
Share|

Distributor Buku

agromedia-distributor

transmedia-distributorbuku

kawahmedia

bukukita

Griya

Alamat

Jl. H. Montong No. 57
Ciganjur - Jagakarsa
Jakarta Selatan
Indonesia
12630

Telepon: 021-788 830 30
Faks.: 021-727 0996

 

  Powered by Jkos Indonesia