Sat30082014

Cara Tepat Memilih dan Merawat Reptil dan Amfibi Kesayangan

Cara Tepat Memilih dan Merawat Reptil dan Amfibi Kesayangan

Hobiis reptil semakin meningkat, terutama didukung oleh komunitas yang semakin m...

Cantik Berhijab dengan Padu Padan Batik

Cantik Berhijab dengan Padu Padan Batik

Gaya berhijab trendi tengah menjadi ciri khas muslimah saat ini. Tampilan fresh ...

Impossible; Kau Tak Akan Pernah Bisa Seperti Aku

Impossible; Kau Tak Akan Pernah Bisa Seperti Aku

Anastasia merupakan salah satu cewek yang mewakili VIS. Ia tidak hanya cantik, t...

Mudah Menghafal Materi Pelajaran dengan Otak Kanan

Mudah Menghafal Materi Pelajaran dengan Otak Kanan

Kamu mungkin sudah tahu komentar para ahli otak tentang kedahsyatan otak manusia...

Mengikuti Kisah-kisah Terbaik Holmes

Mengikuti Kisah-kisah Terbaik Holmes

Kepiawaian Sherlock Holmes dalam mengungkap sebuah kasus memang cukup menarik pe...

Ingin dapat kiriman info buku terbaru dari Kelompok Agromedia? Silakan registrasi dengan memasukkan email.

kompetisi-komik-lintas-kata2

hijab-kawan

Tiga Rahasia Sukses Penggemukan Sapi Potong

3-jurus-sukses-menggemukan-sapi-potongBisnis penggemukan sapi potong dapat mendulang untung besar dalam waktu cepat. Bayangkan, hanya dalam waktu tiga bulan, peternak sudah bisa menjualnya kembali dan mendapatkan keuntungannya. Terutama, jika dijual pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, keuntungannya lebih besar lagi. Pasalnya, permintaan sapi melonjak tinggi seiring kebutuhan hewan untuk konsumsi daging dan hewan kurban.

Secara umum, kebutuhan sapi di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga tidak mampu dipenuhi oleh peternak lokal. Untuk menutupi kekurangan tersebut, akhirnya harus mengimpor dari luar negeri, terutama dari Australia. Kondisi ini tentu saja menjadi peluang emas yang tidak boleh disia-siakan oleh peternak lokal untuk membangun peternakan sapi, baik merintis dari awal maupun mengembangkannya untuk peningkatan produksi.

Membangun usaha penggemukan sapi secara intensif akan memberikan kontribusi lahan pekerjaan di beberapa bidang. Mulai dari tingkat penyedia hewan, pembuatan pakan, buruh, hingga tingkat penjual. Dengan manajemen yang baik dan benar, bisnis ini akan bergulir menjadi roda ekonomi peternak yang mapan. Manajemen ini mulai dari waktu yang tepat memulai usaha, persiapan kandang dan perlengkapan, pemeliharaan harian,  menjaga kesehatan sapi agar selalu prima, pemanenan, hingga pemasaran.

Manajemen ini menjadi salah satu kunci utama demi meraih sukses dalam usaha penggemukan sapi potong. Tujuannya, selain pengelolaan berjalan secara sistematik, juga agar tercapainya target peningkatan bobot sapi secara optimal. Rata-rata peningkatan bobot sapi per hari sekitar 1.5 kg. jadi, dalam 90 hari dapat tercapai 135 kg. Biasanya, ditemukan juga beberapa ekor sapi dapat mencapai pertambahan bobot hingga 2 kg per hari.

Penambahan bobot sapi menjadi inti dari usaha penggemukan. Inilah ukuran kesuksesan bagi setiap peternak. Untuk mencapainya diperlukan strategi yang tepat dalam pemilihan bakalan dan pemberian pakan. Bakalan yang berkualitas akan menghasilkan sapi berkualitas dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Pemilihannya membutuhkan kecermatan dan pengetahuan yang memadai, mulai dari umur, jenis sapi, hingga kondisi fisik. Karakteristik jenis sapi berbeda-beda, terdapat kelebihan dan kekurangannya yang harus dipilih secara tepat oleh peternak.

Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa mengintip berbagai rahasia dan petunjuknya di dalam buku 3 Jurus Sukses Menggemukkan Sapi Potong terbitan AgroMedia Pustaka. Rahmat, S.Pt dan Bagus Harianto akan berbagi rahasia dan ilmunya yang mereka dapatkan selama terjun di dalam usaha peternakan sapi. Yaitu melalui tiga jurus ampuh: memilih bakalan berkualitas, memberikan bakalan berkualitas sesuai kebutuhan sapi potong, dan melakukan manajemen pemeliharaan yang benar.

Selain itu, Anda juga akan menemukan penjelasan prospek dan tantangan beternak sapi potong, sistem perkandangan dan peralatan pendukung, dan analisis usaha penggemukan sapi potong. Analisis ini akan memberikan gambaran mengenai peluang usaha, modal, dan keuntungan yang dapat diperoleh dalam menjalankan usaha penggemukan sapi potong.

 

Gratis Kalender

gratis kalender 2013

Pertanian

Masakan dan Ketrampilan

Distributor Buku

agromedia-distributor

transmedia-distributorbuku

kawahmedia

bukukita

Griya

Alamat

Jl. H. Montong No. 57
Ciganjur - Jagakarsa
Jakarta Selatan
Indonesia
12630

Telepon: 021-788 830 30
Faks.: 021-727 0996

 

  Powered by Jkos Indonesia